Syarat dan Rukun Puasa

Puasa Ramadhan merupakan ibadah wajib yang harus dikerjakan oleh orang-orang yang beriman, sesuai dengan perintah Alloh swt dalam Al-Qur'an surat Al-Baqaroh ayat 183
  
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa” (QS. Al-Baqarah : 183)
Syarat dan Rukun Puasa
Adapun didalam pelaksanaan puasa terdapat syarat dan rukun berpuasa. Berikut ini adalah syarat dan rukun berpuasa dibulan Ramadhan.

Syarat Wajib Puasa
1. Beragama Islam
2. Baligh (telah mencapai umur dewasa)
3. Berakal
4. Berupaya untuk mengerjakannya.
5. Sehat
6. Bukan musafir

Rukun Puasa
Niat mengerjakan puasa pada tiap-tiap malam di bulan Ramadhan (puasa wajib) atau hari yang hendak berpuasa (puasa sunnah). Waktu berniat adalah mulai dari terbenamnya matahari sampai terbit fajar.
Meninggalkan sesuatu yang membatalkan puasa mulai terbit fajar sampai terbenamnya matahari.

Syarat Sah Puasa
1. Beragama Islam
2. Berakal
3. Tidak dalam haid, nifas dan wiladah (melahirkan anak) bagi kaum wanita
4. Hari yang sah berpuasa. (bukan hari yang diharamkan untuk berpuasa, seperti hari Tasrik, Hari raya Idul fitri, Hari raya Idul Adha).

Demikian adalah merupakan Syarat sah dan Rukun berpuasa baik puasa wajib bulan ramadhan maupun puasa sunah, mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca yang budiman. Wallohu'alam Bissawab.
Syarat dan Rukun Puasa | Admin | 5